Langsung ke konten utama

Mindful Saat Makan

Hasil evaluasi dari tahun sebelumnya, digital wellbeing saya kurang begitu baik. Rata-rata waktu melihat layar (average screen time) saya bisa hampir lebih dari 7 jam. Oleh karena itu salah satu resolusi tahun baru yang dibuat adalah ingin mengurasi durasi menatap layar ponsel. 

Selain untuk melakukan pekerjaan, saya masih sering menghabiskan waktu menatap layar untuk hal-hal lain, seperti menonton video hiburan di YouTube dan baca komik. Saat menunggu, naik kendaraan, atau saat jeda antar aktivitas, saya masih sering menghabiskan waktu dengan interaksi pada gadget. Bahkan beberapa aktivitas sehari-hari, seperti makan, seringkali saya lewati dengan ditemani gawai. Padahal Ibu berkali-kali mengatakan untuk tidak makan sambil menatap layar.

Tidak fokus terhadap makanan yang sedang disantap memiliki dampak buruk. Salah satunya berat badan bisa cepat bertambah karena kita terlewat untuk memperhatikan makanan yang masuk. Melakukan aktivitas lain seperti main HP saat makan bisa mengganggu respon otak terhadap sinyal yang dikirimkan oleh tubuh. Otak bisa kesulitan menyadari sudah berapa banyak makanan yang masuk ke lambung. Akibatnya perut lambat kenyang dan makanan terus bisa masuk. Rasa masakan juga kurang bisa diapresiasi karena langsung lewat kerongkoran tanpa banyak dikunyah.

Manga berjudul Meshinuma menginspirasi saya terhadap konsep mindfullnes waktu sedang makan. Sang tokoh utama yang bernama Iinuma adalah seseorang yang suka makan. Digambarkan bahwa karyawan swasta ini lahap menyantap apa pun menu makanan, apalagi kalau itu merupakan makanan kesukaannya. Saat makan, ia menikmati setiap gigitannya. Iinuma fokus kepada makanannya dari awal sampai selesai. Orang lain yang memperhatikannya seakan terhipnotis ekspresi Iinuma yang sangat menikmati rasa masakan yang disantap.

Meshinuma
Iinuma yang Lahap Menyantap Katsudon

Setiap chapter manga ini mengisahkan Iinuma yang menyantap makanan yang berbeda pada kesempatan yang berbeda juga. Ada cerita ia makan di rumah makan dekat rumah setelah pulang kantor. Ada juga bagian tentang teman kerjanya yang membelikan donat. Ada juga momen saat-saat ia menyantap jajanan-jananan di festival. Pada semua chapter, lelaki yang suka mencatat rekomendasi rumah makan dengan masakan enak yang pernah dikunjunginya ini selalu digambarkan sangat menikmati momen-momen saat menyantap makanan. Takoyaki di gerobak pinggir jalan saja nampak lezat apabila disantap Iinuma dengan lahap.

Meshinuma
Ekspresi Iinuma yang Puas Setiap Melahap Masakan

Membaca cerita Iinuma yang menikmati momen saat ia makan mengingatkan saya untuk mindful saat ada di meja makan. Tidak menatap layar ponsel, tidak sambil mendengar musik, juga tidak sambil membaca buku. Pokoknya tidak ada distraksi saat menyantap makanan.

Jika pikiran kita hadir penuh saat makan, kita bisa lebih mengapresiasi apa saja yang masuk ke mulut kita. Akan muncul perasaan puas setiap kali selesai makan. Lidah kita bisa mengecap setiap rasa makanan dan minuman. Gigi juga bisa lebih banyak mengunyah makanan. Jumlah kunyahan sebelum makanan ditelan yang disarankan oleh dokter adalah minimal 30 kali. Dengan mengunyah sebanyak itu, banyak manfaat yang diperoleh. Gigi dan otot rahang lebih sehat, lambung lebih mudah dalam mencernah, serta membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

Jadi, salah satu cara untuk mengurangi waktu tatapan layar salah satunya dengan tidak makan sambil bermain ponsel. Manga Meshinuma mengingatkan untuk menikmati setiap gigitan makanan, dengan mulai menerapkan konsep mindfulness.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali